Profil

YUSRAN LAPANANDA: HARUS PUNYA INTEGRITAS

Yusran Lapananda, SH., MH., di sebuah acara resmi DPPKAD Pemkab Gorontalo

Menjadi seorang pejabat di Pemkab Gorontalo tidak mudah tetap bukan berarti tidak bisa. Pengakuan ini diutarakan Yusran Lapananda SH, MH., Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah Pemkab Gorontalo, menjadi birokrat sejati yang berhasil dibutuhkan dua hal yaitu, sikap professional dan memiliki integritas yang kuat.

“Menjadi birokrat sejati sangat ditunjang oleh sikap professional dan integritas yang kuat,” ujar suami dari Nansih A. Bauko ini. Bagi pria kelahiran Gorontalo 22 November 1968 silam, dua hal yang menjadi prinsip hidup yang dipegang teguh sejak kecil hingga dirinya dipercayakan sebagai pejabat eselon dua di jajaran Pemkab Gorontalo.

“Tidak mudah menjadi seorang pejabat, tetapi jika kita mampu menunjukkan sikap professional dan memiliki integritas maka kita mampu tampil sebagai birokrat yang memberi teladan,” ujar pria yang hobi membaca ini.

Memiliki sikap terbuka dan memperlengkapi diri dengan berbagai pengetahuan baru juga diakui ayah dari Muhamad Syarif, Muhamad Syahrir, Sri Sulistia, Sri Salistia, dan Sri Mulyani ini menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan aktivitasnya setiap hari.

“Saya seorang yang gemar membaca karena dengan membaca wawasan kita makin luas dan pengetahuan kita makin bertambah,” ujar pria yang sudah memiliki lebih dari 10 ribu koleksi buku ini.

Menjadi salah satu pejabat yang ikut berperan membawa Kabupaten Gorontalo meraih opini WTP dalam pengelolaan keuangannya tidak serta merta membuatnya berbangga diri.

“Masih banyak yang harus dikerjakan ke depan bagi daerah ini. Kunci utama kesuksesan membawa daerah maju adalahaa keteladanan dan sikap bersih yang ditunjukkan dari pimpinan daerah, jajaran birokrasi, dan dukungan seluruh elemen masyarakatnya,” ujar pengoleksi ratusan keping CD musik dan ini. (ika)

Sumber: Kolom Torang Kanal Harian Tribun Manado, Selasa 24 Januari 2012.

YUSRAN LAPANANDA: PERNAH BERKARIR DI PERUSAHAAN SWASTA

Yusran Lapananda, SH., MH., lahir di Gorontalo pada tanggal 22 Nopember 1968 dari orang tua Amir Lapananda (pensiunan guru SMA Negeri 3 Gorontalo) dan Dian K. Arbie (pensiunan guru SD Negeri 30 Kota Timur Kota Gorontalo). Pendidikan Dasar sampai menengah diselesaikan di Gorontalo, SD selesai Tahun 1980 di SD Negeri Moodu Kota Selatan, SMP selesai Tahun 1983 di SMP Negeri 3 Gorontalo, SMA selesai Tahun 1986 di SMA Negeri 3 Gorontalo. Setelah SMA, melanjutkan pendidika ke Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado dan lulus Tahun 1992. Pendidikan Pasca Sarjana diselesaikannya pada Program Studi Ilmu Hukum pada Universitas Muslim Indonesia Makassar. Selama mengikuti dan menyelesaikan kuliah pendidikan tinggi di Manado, sempat bekerja dan sebagai karyawan pada PT. Intan Pariwara perusahaan penerbit dan penyalur buku sekolah SD/SMP/SMA.

Karier pekerjaannya di Gorontalo dimulai sebagai karyawan pada PT. Hasjrat Abadi Gorontalo selama kurang lebih 4 (empat) tahun. Kariernya sebagai karyawan PT. Hasjrat Abadi Gorontalo dilepaskannya setelah diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo pada tahun 1997.

Pada perjalanan karir di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo pernah ditugaskan di Kantor Camat Kabila. Selama di Kantor Camat Kabila pernah menjabat Kepala Sub Bagian Penyelenggara Pemilu Tahun 1998. Ditahun 1998 pindah tugas dari Kantor Camat Kabila ke Bagian Hukum Setda Kabupaten Gorontalo dan diberi tugas sebagai Kepala Sub Bagian Perundang-Undangan. Ditahun 2001 bulan September diberi kepercayaan sebagai Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Gorontalo. Selama bertugas di Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Gorontalo, sangat menekuni dan berkonsentrasi pada ilmu penyusunan peraturan perudang-undangan termasuk produk hukum daerah, sering mengikuti pendidikan dan pelatihan, seminar, bimbngan teknis, dan rapat kerja tentang penyusunan peraturan perundang-undangan.

Enam tahun sudah sebagai Kepala Bagain Hukum, pada tahun 2007 dipromosikan menjadi pejabat eselon II, sebagai Kepala Badan Pengawasan Daerah/Inspektorat Kabupaten Gorontalo. Kurang lebih  1 tahun 7 bulan menduduki jabatan sebagai Inspektur, di tahun 2009 tepatnya tanggal 9 Januari dilantik menjadi Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) sampai sekarang.

Sumber: Buku Tulisan Yusran Lapananda, SH. MH. “Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari APBD” terbitan Sinar Grafika.

Iklan

24 Komentar (+add yours?)

  1. johan mahmud
    Jul 24, 2013 @ 13:13:36

    mantaaap.. tetap low profile pak…

    Suka

    Balas

  2. John M Taba
    Sep 29, 2013 @ 23:17:46

    Terima kasih atas beberapa tulisan yang termuat di media online ini, tentu bermanfaat sekali dalam penyelenggaraan pemeintahan. Tentu banyak yang dapat menjadi rujukan dan harapan kami suatu saat nanti saya akan stuba di tempat bapak mengenai pengelolaan keuangan daerah.
    John M Taba (Anggota DPRD Kab. Alor – NTT)

    Suka

    Balas

    • Yusran Lapananda
      Des 09, 2013 @ 11:52:03

      Amin, kompilasi atas tulisan saya tentang TP-TGR saya sudah bukukan dan bukunya akan dirilis pada awal 2014.

      Suka

      Balas

  3. A. Endis
    Des 14, 2013 @ 00:06:30

    Assalamualaikum pak,…izin curi ilmu dari tulisan2 pak yusran…sukses buat pak yusran…wassalam

    Suka

    Balas

  4. Rina Idrus
    Mar 29, 2014 @ 09:57:34

    Assalamu alaikum pak Yusran.. Kabupaten Gorontalo, memang patut di jadikan percontohan MP-TPTGR, selain itu para pejabat, staf dan masyarakat sangat ramah menyambut tamu seperti keluarga sendiri.. hal ini sudah sy buktikan saat berkunjung ke gorontalo 25-28 maret 2014.. terimaksih..bravo gorontalo

    Suka

    Balas

  5. Radius Mintaria Dius
    Mei 17, 2014 @ 23:26:53

    terima kasih atas tulisan Bapak, sebagai pencerahan kami di Kab. Bungo yang lagi ragu dalam hibah atau penyertaan modal pemerintah untuk bayar utang PDAM kepada Pemerintah.

    Suka

    Balas

  6. adi 19
    Jun 19, 2014 @ 16:52:02

    tulisan2 Bapak sgt bermanfaat.. trima kasih.
    tulisan Bapak ttg TP-TGR apakh sdh dibukukan? sdh disebar ke toko2 buku atau blum?.. lg butuh Bpk..

    Suka

    Balas

  7. vhiet
    Sep 29, 2014 @ 10:17:42

    smoga tulisan slalu bermanfaat bagi kami yang selalu belajar dengan aturaan2..sukses pak Yus…

    Suka

    Balas

  8. Rini
    Okt 08, 2014 @ 10:50:38

    Butuh Pejabat seperti Bapak Yusran untuk Kabupaten Labuhanbatu. Sukses terus Pak.

    Suka

    Balas

  9. ikhsanvanbanjar
    Mar 21, 2017 @ 15:32:21

    Assalamualaikum Pak…terima kasih atas tulisannya..salam kenal dari saya Muhammad Ikhsan, Kabupaten Banjar, Kalsel

    Suka

    Balas

    • Yusran Lapananda
      Mei 01, 2017 @ 09:02:29

      salam kenal pa iksan dari saya…..sukses dan sehat buat pa iksan dan keluarga

      Suka

      Balas

  10. emi nelawati
    Mei 12, 2017 @ 17:05:40

    terimakasih atas ilmunya, maaf sy srg curi ilmu2 bpk. semoga mjd ladang amal buat bpk. sehat trs ya pak. salam dr metro, lampung.

    Suka

    Balas

  11. Buyung
    Okt 04, 2017 @ 14:02:24

    Keren banget profilnya pak Yusran.. Semoga selalu sukses.. InsyaAllah.. 🙂

    Suka

    Balas

  12. UTENG
    Nov 23, 2017 @ 10:51:56

    apa kabar sahabat …kenapa nda perna muncul di grup WA lan makasar

    Suka

    Balas

Tanggapi tulisan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: