Buku Aku, Kau, Kalian dan Kita Semua

PIALA DUNIA 2018, RUSIA JAGOANKU

YUSRAN  LAPANANDA

Perasa Masalah Hukum & Sosial

Aku, kau, kalian dan kita semua tahu, sepertinya tinggal hitungan hari Piala Dunia 2018 akan digelar di Rusia. Penentuan Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, hasil pemungutan suara penentuan kedua Piala Dunia yang diumumkan badan sepak bola dunia FIFA di Zurich Swiss, Kamis 2 Desember 2010. Rusia menyisihkan Inggris, Belanda-Belgia, dan Spanyol-Portugal yang sama-sama mengincar Piala Dunia 2018, sedangkan Qatar terpilih setelah bersaing dengan Australia, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan untuk tuan rumah Piala Dunia 2022. Dengan keputusan FIFA ini, Rusia dan Qatar sama-sama menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk kali pertama. Ini kali pertama kawasan Eropa Timur dan negara Arab dipercaya menjadi tuan rumah event sepakbola terpenting dunia.

Selain itu, undian pembagian group Piala Dunia 2018 telah dilakukan di State Kremlin Palace, Moskwa, Rusia, Jumat 1 Desember 2017. Sebanyak 32 tim nasional akan terlaga di Piala Dunia 2018 pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018. Rusia sebagai tuan rumah mendapat kesempatan menjalani laga pembukaan Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskwa, 14 Juli 2018. Lawannya adalah tim nasional Arab Saudi, urutan kedua pada Grup A. Tim-tim lain, yang terbagi ke dalam 8 grup, akan bertanding keesokan harinya hingga duel terakhir fase grup pada 28 Juni 2018. Adapun babak 16 besar akan berlangsung mulai 30 Juni hingga final di Stadion Luzhniki pada 15 Juli 2018.

Dikalangan masyarakat, aku, kau, kalian dan kita semua tentunya sudah melihat dan membaca jadwal pertandingan fase group hingga babak final, bahkan diantara kita menyimpan hingga menempatkan jadwal pertandingan Piala Dunia 2018 di ruang kerja, tempat kerja bahkan menyimpannya dalam dokumen handphone. Laga Piala Dunia 2018 sudah ramai diperbincangkan dan diskusikan oleh fans sepakbola. Mulai dari Negara-negara jagoan yang tak lolos Piala Dunia, Belanda, Italia, Cili, Amerika Serikat, Kamerun, penentuan penghuni group, waktu pelaksanaan, kostum tim, hingga Negara jagoan masing-masing fans.

Disetiap perhelatan Piala Dunia sepakbola, penentuan penghuni group salah satu hal yang menjadi perhatian masyarakat, mulai dari group lemah, group seru hingga group neraka. Katakanlah grup H yang dihuni Polandia, Senegal, Kolombia, Jepang yang diyakini sebagai group lemah. Sedangkan group B yang dihuni Portugal, Spanyol, Maroko, Iran yang diyakini sebagai group neraka oleh karena Portugal dan Spanyol dalam satu group yang harus bertemu pada fase penyisihan group. Group D yang dihuni Argentina, Islandia, Kroasia dan Nigeria yang diyakini juga sebagai group yang paling seru.

Juga, turut meramaikan perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia adalah kostum atau jersey yang akan digunakan oleh Tim nasional peserta Piala Dunia. Jersey Tim Piala Dunia saat ini diburu oleh masyarakat pencinta sepakbola termasuk jersey Negara jagoan mereka masing-masing. Jersey Brasil, Argentina, Spanyol, Jerman, Inggris, Portugal, atau Francis langganan juara Piala Dunia yang paling banyak diburu dan laris di pasaran, termasuk Negara-negara kuda hitam seperti Kolombia, Belgia, Uruguay, Kroasia, Swiss, Swedia dan tak ketinggalan jagoanku Rusia?.

Aku, kau, kalian dan kita semua tentunya punya alasan tersendiri untuk menjagokan tim nasional peserta Piala Dunia 2018. Tentunya yang paling banyak dijagokan adalah Brasil, Argentina, Spanyol, Jerman, Inggris, Francis, atau Portugal, oleh karena tim ini adalah langganan Juara Piala Dunia. Mitos, hitungan dan prediksi pun menjadi alasan untuk menjagokan tim. Mulai dari mitos jika Piala Dunia diselenggarakan di benua Amerika maka diyakini juaranya adalah Negara-negara yang berada di benua Amerika seperti Brasil, Argentina atau Uruguay. Dan jika Piala Dunia diselenggarakan di benua Eropa maka diyakini juaranya adalah Negara-negara yang berada di benua Eropa seperti Spanyol, Jerman, Inggris, Portugal, Francis atau Rusia. Alasan lainnya atas hitungan dan prediksi atas tim-tim yang tak terkalahkan selama babak kualifikasi, dan termasuk hasil uji tanding atau uji coba akhir-akhir ini sebagai laga pemanasan. Tak kalah serunya adalah pemilihan jagoan tim sebagai juara Piala Dunia adalah kecintaan dan adanya sosok pemain bintang. Menjagokan Argentina karena Lionel Messi, menjagokan Brasil karena Neymar Da Silva Santos, menjagokan Portugal karena Cristiano Ronaldo. Hitungan dan prediksi pun ditentukan oleh kekuatan tim yang dihuni oleh pemain bintang yang merata seperti Spanyol, Jerman, Inggris, dan Francis.

Rusia jagoanku?, tentu punya alasan yang lain. Alasan yang paling rasional, Rusia adalah tuan rumah Piala Dunia 2018. Rusia sebagai tuan rumah dan main di kandang sendiri itulah factor keberuntungan dan modal besar bagi Tim Beruang Merah. Tentunya, main dikandang sendiri dengan dukungan suporter dan fans yang sangat fanatik akan membantu keberuntungan tuan rumah Rusia dalam manapaki dan memenangkan setiap kali laga baik pada fase penyisihan group hingga pada babak-babak berikutnya, babak 16 besar, babak 8 besar atau perempat final, babak semi final dan babak final.

Tak ketinggalan beberapa fakta yang perlu diperhitungan bagi jagoanku Rusia adalah saat Piala Dunia 2002 yang diselenggarakan di Jepang dan Korea Selatan. Fakta, kala itu, Korea Selatan sebagai tuan rumah dan main dikandang sendiri dihadapan suporter dan fans yang sangat fanatic, tampil mengejutkan lolos hingga babak semi final atau 4 besar. Alasan lainnya, pilihan Rusia jagoanku agar sedikit berbeda dengan pendapat umum yang lebih menjagokan Brasil, Argentina, Spanyol, Jerman, Inggris, Francis, atau Portugal.!!!!!.

Berbeda pendapat di zaman now lagi gila-gilanya dibandingkan sama dalam berpendapat. Orang-orang maupun orang-orangan, dari orang-orang biasa hingga orang-orang ketinggian lebih memilih berbeda pendapat dari pada sama dalam pendapat. Orang-orang lebih mendukung sesuatu yang salah dari pada yang benar. Yang salah dibenar-benarkan, yang benar disalahkan. Kebenaran yang hanya disuarakan oleh perorangan, akan ditenggelamkan oleh kesalahan yang didukung banyak orang. Kesalahan akan lebih mulia jika didukung oleh orang banyak, dan kebenaran akan dihinakan oleh orang-orang salah.

Akankah Rusia, jagoanku menembus semi final hingga final dan menjadi Juara Piala Dunia 2018???.(*)

Limboto, 16 Maret 2018

Iklan