Buku Aku, Kau, Kalian dan Kita Semua

MUSIK DAN LAGU

YUSRAN  LAPANANDA, SH.,MH.

Perasa Masalah Hukum & Sosial

Pernahkah aku, kau, kalian dan kita semua mengalami rasa senang dan bahagia, atau rasa sakit hati, kecewa, dan marah. Aku, kau, kalian dan kita semua pasti satu jawaban, ya dan ya. Aku, kau, kalian dan kita semua dibuat senang, bahagia, sakit hati, kecewa hingga marah beragam macam sebabnya. Sebab yang paling umum adalah seputar percintaan beserta rekan-rekannya.

Percintaan, mulai dari jatuh cinta, putus cinta, bercinta lagi, seterusnya hingga putus cinta lagi. Soal percintaan, jatuh cinta dan bercinta lagi tentunya membuat aku, kau, kalian dan kita semua senang dan bahagia. Soal percintaan, putus cinta dan putus cinta lagi tentunya membuat kita sakit hati, kecewa hingga marah.

Selain itu jika kita beroleh sesuatu yang menyenangkan pasti aku, kau, kalian dan kita semua merasa bahagia. Juga, jika kita beroleh sesuatu yang membahagiakan pasti aku, kau, kalian dan kita semua merasa senang. Misalnya senang beroleh rezeki, bahagia beroleh promosi jabatan, senang dan bahagia beroleh penghargaan, dan lain-lain kebahagian. Tak ketinggalan senang dan bahagia beroleh pujian atau sanjungan dari orang lain, tak peduli benar atau tidak, atau basa-basi belaka. Juga senang dan bahagia atas perolehan sesuatu yang selama ini aku, kau, kalian dan kita semua impikan dan idam-idamkan.

Aku, kau, kalian dan kita semua bisa sakit hati, kecewa dan marah ketika beroleh sesuatu yang mengecewakan, menyebalkan, tidak menyenangkan hingga membuat kita harus marah. Misalnya “diomelin” oleh atasan dimuka umum, gagal beroleh perghargaan, janji ketemu namun ditunda atau dibatalkan, staf atau karyawan terlambat atau tak masuk kerja, difitnah, staf, rekan kerja atau pimpinan kita tak disiplin waktu, dan lain sebagainya.

Apa reaksi aku, kau, kalian dan kita semua jika mengalami sesuatu yang menyenangkan dan membahagiakan, misalnya jatuh cinta atau bercinta lagi, tentunya yang terjadi adalah perubahan didalam penampilan diri. Secara umum perubahan yang terjadi pada model rambut, make up atau kosmetik, bulu alis, lipstik atau gincu, berbusana. Secara khusus jika aku, kau, kalian dan kita semua jatuh cinta atau bercinta lagi teman paling dekat adalah music dan lagu. Menyanyikan lagu-lagu bertema percintaan bagi yang suaranya diatas standard, dan bagi aku, kau, kalian dan kita semua yang suaranya dibawah standard cukup menjadi pendengar music dan lagu bertemakan percintaan. Mulai dari music dan lagu jadul, hingga music dan lagu zaman now. Mulai dari music dan lagunya kau seputih melati milik dian pramana poetra; mungkinkah terjadi milik utha likumahua dan lain sebagainya sesuai rasa dan selera aku, kau, kalian dan kita semua.

Apa reaksi aku, kau, kalian dan kita semua jika mengalami sesuatu yang menyakitkan hati, menyebalkan, memilukan, mengecewakan, misalnya cinta yang tertolak, putus cinta atau gagal dalam cinta, atau putus cinta lagi. Tentunya aku, kau, kalian dan kita semua akan mengalami selera makan menurun hingga tak mau makan lagi, tidur pun terganggu, bengkak mata akibat menangis, mudah marah, muka pucat, sendiri dalam kamar, minggat dari rumah, tatapan menerawang, hingga depresi, sakit dan badan pun tak terurus. Secara khusus jika aku, kau, kalian dan kita semua jatuh cinta atau bercinta lagi teman paling dekat adalah music dan lagu. Menyanyikan lagu-lagu bertema percintaan bagi yang suaranya diatas standard, dan bagi aku, kau, kalian dan kita semua yang suaranya dibawah standard cukup menjadi pendengar music dan lagu bertemakan percintaan. Mulai dari music dan lagu jadul, hingga music dan lagu zaman now. Mulai dari lagu hati yang luka milik betharia sonata; setangkai bunga putih milik panbers; jangan salah menilai milik tagor pangaribuan; kucoba bertahan atau kucari jalan terbaik milik pance pondaag; mengapa harus jumpa milik harry tasman; undangan palsu milik caca handika; cinta hitam milik meggi z, hingga sandiwara cinta milik repvblik; asal kau bahagia milik armada dan lain sebagainya sesuai selera aku, kau, kalian dan kita semua.

Begitu juga, jika kita mengalami masalah/persoalan, atau ada sesuatu yang aku, kau, kalian dan kita semua tidak sukai atau tidak inginkan sehingga membuat kita kecewa dan marah. Memberontak, menolak hingga menghindar terungkap melalui syair, lirik, music dan lagu. Ungkapan pun dapat dinilai dari music dan lagu yang dilantunkan atau didengar oleh aku, kau, kalian dan kita semua. Mulai dari lagu hargai aku milik armada; kemesraan milik iwan fals; hio, bento, bongkar, tikus-tikus kantor milik swami, dan lain-lain sesuai dengan gejolak jiwa aku, kau, kalian dan kita semua.

Musik dan lagu sepertinya menjadi alternative dalam menemani aku, kau, kalian dan kita semua jika dalam keadaan dan kondisi senang dan bahagia, jika dalam keadaan dan kondisi sakit hati, dan kecewa. Ternyata aku, kau, kalian dan kita semua bisa menilai seseorang dalam keadaan dan kondisi senang dan bahagia, senang dan kecewa hingga marah dari lirik lagu dan music. Tak peduli aliran musiknya apa, instrumentalia, dangdut, pop, reggae hingga rock.(*)

Limboto, 3 Januari 2018

Iklan