Serial: Catatan Pojok

PERENCANAAN KEBUTUHAN BARANG MILIK DAERAH (BAGIAN 3)

YUSRAN LAPANANDA, SH. MH.
Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan & Aset Daerah Kabupaten Gorontalo

public_meetingsPengguna Barang menghimpun RKBMD Pengadaan dan RKBMD Pemeliharaan dari Kuasa Pengguna Barang untuk disampaikan kepada Pengelola Barang. Penyampaian dilengkapi surat pengantar RKBMD yang ditandatangani oleh Pengguna Barang dan data barang. Data barang dimaksud yaitu a. laporan Daftar Barang Pengguna bulanan; b. laporan Daftar Barang Pengguna semesteran; c. laporan Daftar Barang Pengguna tahunan; d. laporan Daftar Barang Pengelola bulanan; e. laporan Daftar Barang Pengelola semesteran; f. laporan Daftar Barang Pengelola tahunan; g. laporan Daftar BMD semesteran; dan h. laporan Daftar BMD tahunan. Penyampaian RKBMD Pengadaan dan RKBMD Pemeliharaan oleh Pengguna Barang kepada Pengelola Barang dilakukan selambat-lambatnya minggu kesatu bulan Juni.

Tata Cara Penelaahan RKBMD Pengadaan BMD Pada Pengelola Barang.

Penelaahan atas RKBMD Pengadaan BMD dilakukan terhadap: a. Relevansi program dengan rencana keluaran (output) Pengguna Barang; b. Optimalisasi penggunaan BMD yang berada pada Pengguna Barang; dan c. Efektivitas penggunaan BMD yang berada pada Pengguna Barang telah sesuai peruntukanya dalam rangka menunjang tugas dan fungsi SKPD. Penelaahan atas RKBMD Pengadaan BMD sekurang-kurangnya memperhatikan: a. Kesesuaian program perencanaan kebutuhan BMD, dan standar; dan data barang.

Penelaahan atas RKBMD Pengadaan BMD dituangkan dalam Hasil Penelaahan RKBMD Pengadaan BMD yang sekurang-kurangnya memuat: a. nama Kuasa Pengguna Barang; b. nama Pengguna Barang; c. program; d. kegiatan; e. data daftar barang pada Pengguna Barang dan/atau daftar barang pada Kuasa Pengguna Barang; dan f. rencana kebutuhan pengadaan barang yang disetujui. Dalam melaksanakan penelaahan BMD, Pengelola Barang mengikutsertakan Pejabat Penatausahaan Barang dan Pengurus Barang Pengelola untuk menyiapkan dan memberikan pertimbangan terhadap kebenaran dan kelengkapan usulan RKBMD Pengadaan yang dilaksanakan selambat-lambatnya minggu kedua bulan Juni. Hasil Penelaahan RKBMD Pengadaan BMD dari Pengguna Barang ditandatangani oleh Pengelola Barang. Pengguna Barang menyusun RKBMD Pengadaan berdasarkan hasil penelaahan. RKBMD Pengadaan disampaikan oleh Pengguna Barang kepada Pengelola Barang paling lambat minggu ketiga bulan Juni.

Tata Cara Penelaahan RKBMD Pemeliharaan BMD Pada Pengelola Barang.

Penelaahan atas RKBMD Pemeliharaan BMD dilakukan untuk melakukan telaahan terhadap data BMD yang diusulkan rencana pemeliharaannya. Penelaahan atas RKBMD Pemeliharaan BMD sekurang-kurangnya memperhatikan daftar barang pada Pengguna Barang yang memuat informasi mengenai status barang dan kondisi barang. Penelaahan atas RKBMD Pemeliharaan BMD dituangkan dalam hasil penelaahan RKBMD Pemeliharaan BMD yang sekurang-kurangnya memuat: a. nama Kuasa Pengguna Barang; b. nama Pengguna Barang; c. nama barang yang dipelihara; d. usulan kebutuhan pemeliharaan; dan e. rencana kebutuhan BMD yang disetujui. Dalam melaksanakan penelaahan BMD, Pengelola Barang mengikutsertakan Pejabat Penatausahaan Barang dan Pengurus Barang Pengelola untuk menyiapkan dan memberikan pertimbangan terhadap kebenaran dan kelengkapan usulan RKBMD Pemeliharaan yang dilaksanakan selambat-lambatnya minggu kedua bulan Juni.

Hasil Penelaahan RKBMD Pemeliharaan BMD dari Pengguna Barang ditandatangani oleh Pengelola Barang. Pengguna Barang menyusun RKBMD Pemeliharaan berdasarkan hasil penelaahan. RKBMD Pemeliharaan disampaikan oleh Pengguna Barang kepada Pengelola Barang paling lambat minggu ketiga bulan Juni. RKBMD Pengadaan dan RKBMD Pemeliharaan BMD dari Pengguna Barang ditetapkan menjadi RKBMD pemerintah daerah oleh Pengelola Barang. RKBMD Pengadaan dan RKBMD Pemeliharaan ditetapkan paling lambat minggu keempat bulan Juni.

Penyusunan Perubahan RKBMD.

Pengguna Barang dapat melakukan perubahan RKBMD. Perubahan RKBMD dilakukan sebelum penyusunan Perubahan APBD. Penyusunan RKBMD atas RKBMD pengadaan dan RKBMD pemeliharaan berlaku secara mutatis mutandis terhadap penyusunan perubahan RKBMD.

Penyusunan RKBMD Untuk Kondisi Darurat.

Dalam hal setelah batas akhir penyampaian RKBMD terdapat kondisi darurat, pengusulan penyediaan anggaran untuk kebutuhan baru (new initiative) dan penyediaan anggaran angka dasar (baseline) dalam rangka rencana pengadaan dan/atau rencana pemeliharaan barang milik daerah dilakukan berdasarkan mekanisme penganggaran sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Kondisi darurat meliputi bencana alam dan gangguan keamanan skala besar.

Hasil pengusulan penyediaan anggaran harus dilaporkan oleh Pengguna Barang kepada Pengelola Barang bersamaan dengan penyampaian RKBMD Perubahan dan/atau RKBMD tahun berikutnya. Laporan digunakan oleh Pengelola Barang sebagai bahan pertimbangan tambahan dalam penelaahan atas RKBMD yang disampaikan oleh Pengguna Barang bersangkutan pada APBD Perubahan tahun anggaran berkenaan dan/atau APBD tahun anggaran berikutnya.(*)

Selesai