Probadut dan Jaya Wijaya

Limboto – Inovasi layanan Probadut mengundang rasa penasaran Pemerintah Jaya Wijaya, Provinsi Papua. Senin (21/9), dipimpin Sekretaris Daerah Yohanes Walilo, daerah yang memiliki puncak gunung tertinggi di Indonesia itu, melakukan Studi Banding (Stuban) di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Gorontalo untuk mempelajari layanan Probadut ini. Rombongan Stuban diterima Kepala DPPKAD Kabupaten Gorontalo Yusran Lapananda.

“Kita datang untuk mempelajari layanan Probadut ini. Kita penasaran dengan sistem yang dijalankan DPPKAD untuk masalah pencairan dana, sehingga begitu cepat dan tidak berbelit melalui Probadut ini. Rencananya inovasi ini akan kita terapkan di Pemerintahan Jaya Wijaya,” kata Yohanes Walilo yang didampingi Asisten II Setda Gaad P. Tabuni, Inspektur Edy Subiyanto, Kadis PPKAD S. Patasik dan Kabag Hukum Aprida.

Rombongan Stuban juga ikut didampingi unsur Anggota Legislatif, masing-masing Wakil Ketua I DPRD Jaya Wijaya Matias Tabuni, Wakil Ketua II DPRD Soleman Elosak dan Ketua Komisi B DPRD Niko Kossy.

Probadut merupakan singkatan dari Prosedur Tepat, Berkas Lengkap, Dua Jam Cair, Tanpa Biaya dan Tanpa Pungutan. Probadut merupakan inovasi program dalam rangka peningkatan pelayanan di DPPKAD Kabupaten Gorontalo. Layanan ini bertujuan untuk menciptakan tertib penyelenggaraan administrasi dalam penyiapan tagihan, pengajuan tagihan pada SKPD, penelitian dokumen dan penerbitan SP2D pada kuasa BUD, serta administrasi pelayanan keseluruhan keuangan daerah di lingkungan DPPKAD. Selain itu, Layanan Probadut memberikan kepastian hukum dalam penyelenggaraan administrasi, sekaligus mencegah terjadinya penyalahgunaan kewenangan atas prosedur kewenangan atas prosedur kelengkapan berkas dokumen penagihan dan pencairan dana.

“Penjelasan menyangkut inovasi ini telah kita sampaikan secara jelas kepada rombongan Stuban Pemerintah Kabupaten Jaya Wijaya,” kata Kepala DPPKAD Kabupaten Gorontalo Yusran Lapananda.

Menurut Yusran, layanan Probadut merupakan upaya DPPKAD Kabupaten Gorontalo dalam membentuk karakter pengelola keuangan yang memiliki integritas yang tinggi, bersih, dan berwibawa, guna meraih kepercayaan publik menuju organisasi berkinerja tinggi.

Dalam kesempatan Stuban ini, Pemerintah Jaya Wijaya diarahkan untuk melihat langsung sistem pelayanan Probadut di DPPKAD, serta sejumlah fasilitas lainnya untuk mendukung program Probadut termasuk ruangan pelaksanaan sidang MP-TGR yang juga merupakan program inovasi Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang berkaitan dengan keuangan.

Sumber: Gorontalo Post, Selasa, 22 September 2015